Citilink Perluas Jaringan Penjualan Online

ANAK usaha Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia (Citilink), menjalin kerja sama dengan provider sistem digital, IKiosk. Aksi korporasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan penjualan tiket pesawat secara online. Direktur Utama Citilink Arif Wibowo menjelaskan perseroan memiliki dua jalur penjualan tiket pesawat, yakni melalui travel agent sebagai relasi tradisional dan online travel agent.

Hingga akhir 2013, online travel agent berkontribusi 18% terhadap total penjualan tiket pesawat. Adapun sisanya di-sumbangkan relasi tradisional. “Dengan kemitraan ini, kontribusi penjualan tiket secara online dapat naik menjadi 25% hingga akhir tahun ini,” sebut Arif di Jakarta, kemarin.

Menurut Arif, kerja sama itu juga dapat memperluas jaringan pembelian dan pembayaran tiket secara digital. Dengan demikian, penumpang dapat melakukan pembayaran dan pembelian dengan lebih mudah.

“Kerja sama dengan IKiosk ini merupakan salah satu cara dari Citilink untuk melengkapi dan memperluas channel pembayaran untuk mempermudah pelanggan, sebab perseroan mengembangkan akses pembelian berbasis smartphone,” jelas Arif. Ia menambahkan, kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pasalnya, penduduk dapat menjadi bagian dari agen IKiosk yang mengembangkan bisnisnya dengan pola kemi traan berjenjang.

“Secara tidak langsung pola bisnis sementara ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang juga memberikan kontribusi bagi pertumbuhan nasional,” tambahnya. Sementara itu, Direktur & Chief Marketing Officer IKiosk, Hasnil Fajri, menjelaskan bahwa layanan pembayaran online tersebut akan menggunakan flatform Android dan Blackberry 10.

IKiosk sendiri dapat diunduh secara gratis dan dengan biaya keanggotan yang gratis pula. “Ke depannya akan menggunakan sistem IOS. Layanan ini berfungsi sebagai mobile sales agent dari Citilink,” tukas dia. (Riz/E-5) Media Indonesia, 2/10/2014, halaman : 19

0 komentar:

Posting Komentar